Sep 13, 2021 8935

Tes TAEP UMM Sebagai TKBI untuk Sertifikasi Dosen Sudah Mulai Dilaksanakan

Pelaksanaan tes TAEP dalam rangka sertifikasi dosen sudah terselenggara mulai hari Sabtu 21 Agustus 2021 dan terus berlangsung hingga sekarang. Sampai saat ini, jumlah peserta yang telah mengikuti Tes TAEP sebagai TKBI syarat serdos sudah lebih dari 400 peserta (31/08). Keseluruhan pesertanya adalah dosen dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Seluruh peserta tes ini sangat bersemangat di dalam mengikuti ujian kompentensi berbahasa Inggris. Hal tersebut dibuktikan dengan antusiasme mereka untuk mendaftarkan diri setelah diumumkannya Universitas yang memiliki lisensi penyelenggaraan Tes Kemampuan Berbahasa Inggris (TKBI).

Perlu diketahui bahwa TAEP ini telah mendapatkan lisensi dari Kemendikbudristek sebagai penyelanggara TKBI untuk sertifikasi dosen lewat surat edaran Dikti nomor 2562/E4/KK.01.01/2021 yang diterbitkan pada tanggal 11 Agustus 2021. Adapun beberapa perguruan tinggi yang telah dipercaya oleh Kemendikbudristek sebagai pelaksana TKBI diantaranya adalah Universitas Gajahmada, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung dan beberapa perguruan tinggi negeri lainnya, dimana Univesitas Muhammdiyah Malang adalah satu-satunya Universitas swasta yang berhasil mendapatkan lisensi tersebut. Sehubungan dengan hal tersebut, banyak dosen dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia berlomba-lomba mendaftarkan diri melakukan tes TAEP guna mengetahui kemampuan berbahasa Inggris mereka serta sebagai syarat untuk pengajuan sertifikasi dosen.

Selain menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta yang memiliki lisensi penyelenggaraan TKBI untuk sertifikasi dosen, UMM juga menjadi salah satu yang mengembangkan TKBI secara daring. Dengan keunggulan yang dimiliki TAEP inilah yang membuat banyak dosen di seluruh Indonesia mempercayakan TAEP sebagai alat pengukur kemampuan Bahasa Inggris mereka. Lewat laman https://taep.umm.ac.id, para peserta sudah bisa melakukan proses registrasi sampai proses ujian. Dengan kemudahan akses yang diberikan UMM dalam penyelenggaraan TKBI ini, para peserta tes TAEPTM dari seluruh Indonesia dapat melakukan tes di tempat tinggal masing-masing.

Adapun dari beberapa peserta yang sudah melaksanakan tes, mereka mengungkapan bahwa TAEP yang diselenggarakan Universitas Muhammadiyah Malang sangat membantu mereka di dalam pengambilan syarat untuk pengajuan sertifikasi dosen. Selain itu ada juga yang mengungkapkan bahwa TAEP ini merupakan karya anak bangsa yang mempunyai kualitas internasional. Semua hasil capaian yang telah disampaikan beberapa peserta tes tidak lepas dari usaha maksimal yang sudah dilakukan oleh Dr. Masduki, M.Pd selaku Direktur Language Center Univesitas Muhammdiyah Malang, tim INFOKOM, dan tim pengembangan soal dari Language Center Univesitas Muhammdiyah Malang. (AW) .